Transportasi murah ke SSQ II PKU

Rabu pagi, tanggal 23 Januari kami sudah siapkan semua persiapan untuk menjelajah malaysia. Sepakat untuk naik kendaraan umum ke bandara, kami harus berangkat lebih awal untuk mengantisipasi macet atau susah dapet bus.

Berangkat jam 10 pagi dari panam, kami menunggu Bus Kota jurusan Panam-Ramayana di seberang gerbang komplek rumah Ucil. Gak perlu tunggu lama, kami udah dapet Bus yang masih kosong, tarif bus kota dipekanbaru jauh-dekat Rp. 2.500 perorang.

100_3716

Bus Kota pekanbaru (Busmania.com)

 

Jangan aneh kalo susah nemu anak muda di Pekanbaru naik bus kota. Kalau gak orang tua ya Anak-anak sekolah, itupun rata-rata dari golongan menengah kebawah, karena gak sedikit Anak sekolah sekarang SMA bahkan SMP udah bawa kendaraan sendiri ke sekolah.

Ada juga angkutan kota, atau orang sini biasanya sebut oplet, Jumlahnya tidak terlalu banyak, udah gitu jalur perjalanannya belum mencakup semua wilayah di Pekanbaru. Uniknya oplet ini sangat oportunis, mereka hanya keluar saat diperlukan saja. Misalkan pada jam berangkat atau pulang kerja dan sekolah, mereka pasti akan terlihat banyak dijalanan, tapi sebaliknya kalau sedang jam sekolah atau jam kerja, oplet ini seperti menghilang dari peredaran.

oplet

oplet Pekanbaru (Skyscrapercity.com)

Oke, balik lagi ke perjalanan kami berdua. Dari panam kami berhenti di ujung jalan arifin ahmad, kemudian menyebrang ke depan MTQ untuk naik Bus Transmetro Pekanbaru (TMP), nunggu agak lama di halte MTQ, akhirnya bus TMP jurusan Pelita Pantai – Pandau (Jalur warna Merah di Peta Jalur TMP) tiba. Untuk tarif TMP, perorang hanya dikenakan Rp.3.500 saja. Selain TMP, ada juga transportasi umum lain yang melintasi jalur menuju bandara. Pilihannya oplet berwarna biru muda, berhenti di gerbang lama bandara. atau, bisa juga naik bus kota jurusan Kubang.

IMG_2906

Pintu masuk gerbang lama bandara

 

Kami harus turun di halte Simpang Indosat, karena bus TMP langsung lurus saja menuju Pandau. Gak tau sejak kapan diberlakukan gak boleh ada bus yang masuk bandara, tapi halte di komplek bandara cuman jadi hiasan aja buat saat ini. Katanya sih mau ada bus kebandara lagi. ya, semoga bisa cepet direalisasikan.

Dari halte simpang Indosat, kami berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai di area Bandara. Sebenarnya jalan yang kami lalui ini hanya di berlakukan untuk pintu masuk karyawan angkasa pura. Jalan ini masih berupa area terbatas, siapapun yang masuk, harus melapor dulu ke pihak keamanan. Tapi, jika kita hanya izin untuk mengantar atau masuk ke area bandara tanpa parkir, pasti diijinkan kok.

Jadi, kami hanya mengeluarkan ongkos sebesar Rp.6000 saja perorang untuk sampai ke bandara. jauh banget kalo dibandingin sama taksi yang sampe panam saja biasanya ongkosnya kena Rp.50.000.

SSQ II Pekanbaru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s