Mempertahankan selalu lebih sulit

Pekanbaru mendapatkan penghargaan sebagai kota besar terbersih selama tujuh tahun berturut-turut. Pemerintah kota pun membangun tugu piala Adipura di tengah kota untuk menunjukan kebanggaan bahwa kota ini adalah kota terbersih di Indonesia. Bukan hanya menjadi kebanggaan pemerintah tentunya, masyarakat Pekanbaru juga sangat  mengapresiasi penghargaan tadi.

Pada tahun 2012, Pekanbaru harus mengikhlaskan penghargaan Adipura lepas dari genggaman,  yah, mempertahan memang selalu lebih sulit daripada meraih.


Dilansir dari Jakarta Pos, Walikota terpilih pak Firdaus mengatakan bahwa penyebab penghargaan ini hilang karena kondisi kota Pekanbaru yang belum kondusif pasca PEMILU. Pemungutan suara yang dilakukan dua kali menjadikan semua organisasi pemerintahan daerah kurang terorganisir, terutama dalam hal pengelolaan pembuangan akhir yang merupakan penilaian tertinggi dalam penghargaan Adipura ini.

Dulu sebelum datang ke Pekanbaru, bagi saya hal yang melekat di kota ini adalah Caltex dan penghargaan Adipuranya. Bayangan kota yang bersih dengan tata ruang kota yang teratur menjadi prediksi setiap orang dalam menilai sebuah kota yang dianugerahi Adipura.

Untuk kawasan pusat kota  harus saya akui memang semuanya bersih dan teratur. Tapi tidak demikian dengan kawasan pinggiran kota. Disana masih banyak kawasan kumuh, sampah menumpuk, rumput liar menutupi trotoar, jalan berlubang yang tak kunjung diperbaiki, belum lagi sampah baligho menjelang pemilihan Gubernur nanti.

Penyebabnya bukan hanya penghargaan Adipura yang selama ini dibanggakan itu hilang. Tapi, tingkat kenyamanan tinggal di Pekanbaru juga semakin menurun. Banjir dimana-mana, trotoar pejalan kaki tidak bisa digunakan, dan banyak lagi.

Atau mungkin akan ada hikmah dibalik hilangnya penghargaan Adipura tadi. Masyarakat Pekanbaru tidak lagi harus menanggung beban moral sebagai warga kota terbersih di Indonesia –tapi hanya bersih tampak muka saja–. Mungkin seperti ini lebih baik, siapa tahu pemerintah Pekanbaru lebih bisa concern dengan kebersihan kota yang lebih merata kedepannya. Menjadikan kota Pekanbaru lebih layak dalam meraih Adipura di tahun-tahun yang akan datang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s